Tentang Teknik Otomotif

Program Keahlian Teknik Otomotif SMK Perintis dimulai sejak SMK Perintis Adiluhur resmi berdiri tahun 2010 tepatnya dimulainya tahun pelajaran 2010/2011. Saat itu spektrum keahlian masih mengacu kepada keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dalam lampiran surat No ; 251/C/KEP/MN/2008 tertanggal 22 Agustus 2008. Sehingga Program Keahlian Teknik Otomotif mempunyai nama Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (020). Tahun 2014 mendapatkan akreditasi dengan predikat “B” oleh BAN SMK. Saat ini pada akreditasi tahun 2019 TKRO menyandang predikat akreditas “A” oleh BAN SMK.

Seiring perkembangan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan berubah menjadi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) – (040) sesuai dengan peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah tentang Spektrum Keahlian SMK dengan Nomor : 06/D.D5/KK/2018 tertanggal 7 Juni 2018.

Visi & Misi

Visi : “S I A P” (Skill, Inovatif, Akademic, Produktive)

Misi:

  • Menumbuhkan dan mengembangkan Keahlian di bidang Teknik Kendaraan Ringan otomotif untuk pencapaian keahlian yang mumpuni
  • Menumbuhkan, mengembangkan serta mempersiap leading innovator di bidang Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
  • Menumbuh kembangkan Keahlian, Kekreatifan yang terdidik sebagai wujud prestasi Pendidikan berbasis Keteknikan.
  • Menumbuh kembangkan keahlian, inovasi peserta didik yang terdidik sebagai upaya tercapainya produktifitas lulusan.

Sloga : Selalu SIAP

Warna kebanggaan: MERAH

Pendidikan dan Pembelajaran

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif adalah salah satu kompetensi keahlian di SMK Perintis Adiluhur yang mempelajari tentang Ilmu Keteknikan di bidang Otomotif khususnya Kendaraan Ringan seperti mobil dan sejenisnya. Program pendidikan dan pembelajaran dipadukan antara teori 30 % dan praktik 70 %. Dukungan sarana pembelajaran buku digital, perpustakaan, multimedia, Alat peraga seperti engine stand, chasis stand dan electrical trainer serta di lengkapi dengan unit kendaraan praktik. Siswa tingkat X di Program Keahlian Teknik Otomotif di didik dan ajarkan dasar-dasar bidang TKR : Fisika, Kimia dan Simulasi dan Komunikasi Digital, dasar kompetensi TKR : Teknologi Dasar Otomotif (TDO), Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) dan Gambar Teknik Otomotif (GTO). Di tingkat XI dan XII siswa akan mempelajari : Pemeliharaan Mesin (PMKR), Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga (PSPT) serta Pemeliharaan Kelistrikan Otomotif (PKKR) serta Produk Karya dan Kewirausahaan (PKK).

Peluang Karir Lulusan

Lulusan program keahlian TKRO dipersiapkan mempunyai kompetensi yang mumpuni untuk menunjang karir setelah lulus. Terdapat beberapa pilihan karir yang dapat dilakukan setelah menyelesaikan pendidikan di Program Keahlian Teknik Otomotif, antara lain :

  1. Bekerja di bidang Industri otomotif multinasional
  2. Menjadi mekanik mobil dan motor seperti Servis center dan sejenisnya
  3. Berwirausaha (membuka bengkel)
  4. Operator Industri keteknikan
  5. Modifikator
  6. Melanjutkan kuliah