TARI MAJEU MANJAU

Tari Majeu Manjau Adalah tarian yang di ambil dari salah satu tradisi yang ada di lampung, baik Suku Lampung Sai Batin maupun Suku Lampung Pepadun. Tarian ini di ciptakan oleh Bapak Sholihin, S.Pd.I untuk mengikuti kegiatan Lomba Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Tingkat Kabupaten Lampung Timur.

Kata Majeu berarti maju atau datang, sedangkan Manjau adalah acara adat yang dilakukan oleh pihak keluarga mempelai laki laki, untuk datang bersama sama dengan calaon mempelai laki laki atau mengiang kerumah orang tua calon mempelai perempuan untuk silaturohiem atau perkenalan keluarga.

Dalam konteks lebih luas, Majeu Manjau adalah adat yang dilakukan oleh pihak keluarga mempelai laki-laki untuk datang bersama-sama dengan calon pengantin laki-laki (mengiyan) kerumah orang tua calon mempelai perempuan untuk silaturahmi dan pekenalan keluarga, tujuan kegiatan ini adalah mengetahui, proses, makna dan tujuan pelaksanaan manjau pada calon pengantin dalam perkawinan baik adat Lampung Pepadun maupun adat Lampung Sai Batin.

Kegiatan Manjau terdiri dari persiapan Manjau yaitu pemandai (pemberitahuan) dan pemberian keperluan manjau. Pelaksanaan dalam kegiatan manjau yaitu perlengkapan pakaian manjau, keluarga yang ikut manjau, barang-barang bawaan manjau dan acara manjau, penyelesaian manjau yaitu pihak rombongan (mengiyan) pamit pulang.