PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI PUBLIK

Oleh, Waka Humas SMK Perintis

Semenjak pandemi covid-19 banyak profesi yang mengharuskan melakukan adaptasi kebiasaan baru (AKB), tak terkecuali praktisi Humas atau dengan .bahasa kerennya Public Relation.

Pengaruh tersebut menuntut praktisi humas untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada, sehingga komunikasi dan peran humas tetap dapat dilakukan secara efektif dan efisien selama pandemi. Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) memberikan pengaruh pada kebiasa sekolah. Kini sekolah telah mengaplikasikan AKB dalam praktek komunikasinya, yaitu dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Twitter, dan YouTube.

Dalam artikel ini penulis tegaskan bahwa strategi mengembangkan konten yang inspiratif yaitu dengan mengandalkan sosial media seperti Instagram, YouTube, Twitter, Poadcast dan platform yang lain, lalu pemilihan pesan, produksi kanal yang digunakan harus tepat sasaran. Intinya instansi atau sekolah harus kreatif untuk menyampaikan kepada publik Tak hanya melalui konten yang inspiratif, namun adaptasi kegiatan yang beralih dari kegiatan offline kepada kegiatan online pun menjadi salah satu cara yang dapat humas gunakan untuk dapat beradaptasi di era ini.

Banyak instansi atau sekolah yang semua kegiatanya sekarang harus go virtual, go daring, go online ditengah pandemi ini menggunakan sosial media, adaptasi dan kreatif menjadi kata kunci untuk menjadi seorang humas. Berbagai perubahan perilaku komunikasi publik yang timbul semenjak adanya pandemi COVID-19 justru menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para praktisi humas.

Untuk menjadi seorang humas ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah : Agile (lincah), Balance (Seimbang), Collaborative (kolaborasi), Deliverable (informasi disampaikan dengan cara yang tepat), Empathy (menjunjung tinggi empati), serta Fair (informasi disampaikan secara jelas, jujur, dan terbuka. Oleh karenanya penulis berpesan jika ingin terjun kedunia kerja khususnya humas atau Public relation maka agar aktif dalam berorganisasi untuk memperoleh banyak pengalaman, ilmu dan networking sebagai bekalnya.

Semoga bermanfaat……….:)